10 Tips Buat Solo Traveller Keliling Dunia Tanpa Agen Tour

10 Tips Buat Solo Traveller Keliling Dunia Tanpa Agen Tour
10 Tips Buat Solo Traveller Keliling Dunia Tanpa Agen Tour
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Bagaimana sih liburan solo traveller keliling dunia tetap aman? Pasalnya, traveling keliling dunia merupakan impian semua orang. Memiliki pengalaman berkunjung keberbagai negara tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda dan tidak terlupakan.

Tidak heran jika telah banyak agen tour yang menawarkan paket perjalanan keliling dunia. Mengikuti agen tour saat berlibur tentu sangat menyebalkan. Hal ini karena padatnya jadwal yang telah di tetukan, serta jumlah rombongan yang bergitu banyak.

Tentunya ini akan sangat kurang nyaman, serta kurangnya waktu untuk mengeksplorasi ke berbagai tempat yang dituju, juga kurangnya waktu untuk beristirahat.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Berkunjung dan menikmati destinasi ke berbegai penjuru dunia tentu akan sangat menyajikan pengalaman yang tidak terlupakan.

Berbicara mengenai pengalaman, tentunya perjalanan akan sangat menyenangkan bila memiliki kesempatan solo traveller atau berpergian seorang diri. Banyak momen spesial yang bisa didapatkan.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Oleh karena itu, perjalanan solo traveler patut menjadi impian yang direalisasikan saat keliling dunia. Nah, bagi yang ingin berlibur solo traveller keliling dunia tanpa agen tour sebaiknya ikuti tips berikut ini.

1. Agendakan Jauh-jauh Hari

From: Pixabay

Meskipun solo traveller, tetap saja semua harus direncanakan dengan matang-matang. Sebaiknya agendakan liburanmu jauh-jauh hari untuk menghemat pengeluran. Selain itu, kamu bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan dan berkualitas tentunya.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Jika tidak memiliki perencanaan yang jelas, jangan salahkan bila perjalananmu akan buruk dan tidak mengesankan. Tujuan utama berlibur pastinya untuk bersenang-senang, bukan? Tidak ingin dong, mendapatkan liburan yang super mengecewakan.

Maka dari itu, tentukan terlebih dahulu destinasi yang akan dikunjungi. Musim terbaik apa yang wajib dikunjungi saat datang ke negara tersebut. Jangan sampai datang disaat musim yang tidak tepat!

Nanti malah kecewa. Selain itu, pastikan jadwal liburanmu sudah sesuai dengan waktu kosongmu. Jika mengharuskan mengambil cuti, mulai sekarang harus baik-baik ke atasan, ya agar bisa diberikan waktu cuti di saat yang tepat. Selanjutnya barulah beli tiket dan membuat visa perjalanan.

Baca Juga: Hemat! 10 Trik saat Traveling Keliling Dunia yang Low Budget

2. Siapkan Dokumen Visa

From: Pixabay

Saat berkunjung ke negara orang tentunya diperlukan surat izin untuk memasuki negara tersebut. Surat izin itu adalah visa yang telah disetujui oleh Kedutaan Besar negara yang akan dituju.

Sebaiknya tentukan terlebih dahulu negara mana yang ingin kamu kunjungi. Cari tahu persyaratan apa saja yang harus disiapkan dan dilengkapi untuk mendapatkan visa perjalanan ke negara tersebut.

Buatlah visa satu bulan sebelum pemberangkatan, kurang lebih memakan 6 hari untuk mengurus hingga mendapatkan visa. Biaya yang ditawarkan pun berbeda-beda tergantung negara mana yang akan kamu kunjungi dan jenis visa apa yang akan kamu ambil.

3. Cari Hotel

From: Pixabay

Pilihlah hotel dengan kemanan dan kenyamanan yang terjamin bagusnya. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki dan dekat dengan destinasi yang akan dikunjungi.

Jika ingin berlibur dengan waktu yang lama, pilihlah hotel yang memiliki fasilitas yang menunjang kebutuhamu. Apabila kamu mencari hotel melalui jejaring sosial, jangan lupa melihat track hotel tersebut dari ulasan pengunjung sebelumnya.

Baca juga: 7 Alternatif Penginapan Selama Traveling, Lebih Murah dari Hotel

4. Menukar Rupiah

From: Pixabay

Ini adalah hal yang tidak boleh terlewatkan saat akan berkunjung ke negara orang. Dari beberapa kasus banyak orang yang lupa untuk menukarkan uangnya saat travelling dan baru ingat sesampainya di laur negeri.

Maka dari itu, tukarkan uang sebelum kamu berpergian untuk memudahkan dalam melakukan transaksi saat sesampainya di luar negeri. Jangan lupa untuk mengecek apakah harga belinya lebih mahal atau tidak.

Jika ingin lebih aman, sebaiknya tukarkan uang rupiah ke dolar, baru sesampainya di luar negeri kamu bisa menukarkan uang dolar ke mata uang negara yang kamu kunjungi. Hal ini agar mendapatkan nilai yang lebih bagus.

Seandanya, jika ternyata kamu lupa menukarkan uang rupiah. Pastikan saat menukarkan uang di luar negeri carilah tempat penukaran uang yang resmi.

5. Jaringan Internet

From: Pixabay

Di jaman modern saat ini sangat diperlukan jaringan internet, selain berfungsi untuk update sosial dan memberi kabar. Jaringan internet juga sangat penting saat solo treveler. Hal ini bertujuan untuk membantu kamu mencari informasi mengenai negara tersebut.

Paket data yang biasanya digunakan di Indonesia belum tentu bisa digunakan di luar negeri. Oleh karena itu sangat penting sekali kamu mengetahui jaringan internet apa yang bisa digunakan di negara tersebut.

6. Gunakan Google

From: Pixabay

Tidak perlu tersesat meskipun harus liburan sendiri dan pertama kali ke suatu negara. Gunakan google map untuk mengantarkan kamu ke suatu tempat. Meskipun sedikit membingungkan, lumayan akurat saat digunakan.

Kamu juga bisa menggunakan google untuk mencari rut  ke suatu distinasi dan memberikan informasi transportasi apa saja yang bisa kamu gunakan untuk menuju tempat tersebut.

Selain sebagai penunjuk jalan, google juga bisa membantu kamu dalam menerjemahkan bahasa yang tidak kamu mengerti. Jadi tidak perlu takut lagi saat akan mencoba berkomunikasi dengan orang asing.

7. Gunakan Pemandu Lokal

From: Pixabay

Saat berpergian kesuatu tempat yang asing dikunjungi, dengan keterbatasan bahasa. Gunakanlah pemandu lokal untuk membantu kamu dalam perjalanan.

Sudah banyak orang asing yang belajar bahasa Indonesia, atau kamu bisa mengaja ke teman kamu yang tinggal disana untuk menjadi pemandu kamu selama berlibur di negara tersebut.

8. Datang ke Tempat Anti-mainstream

From: Pixabay

Karena melakukan perjalanan solo treveler yang tidak menggunaan jasa agen tour, tentunya kamu akan lebih bisa mengunjungi banyak destinasi wisata popular atau anti mainstream.

Kamu bisa berwisata kuliner ke pasar-pasar tradisional atau tempat manapun yang ingin kamu kunjungi tanpa takut mengejar waktu untuk pelanjutkan perjalanan kembali.

Baca Juga: 9 Tips Solo Traveling ke Luar Negeri Anti Was-was

9. Pelajari Budayanya

From: Pixabay

Sebaiknya saat liburan, pelajari budaya negara tersebut. Dari tata cara mengantri untuk membeli makanan, etika dalam makan, aturan saat menggunaan transportasi, dan segala hal yang berhubungan dengan kebiasaan orang sana.

Ke Negara Inggris, misalnya. Ketika membeli sesuatu diwajibkan untuk mengantri secara tertib. Saat berkunjung ke negara ini, biasakan untuk memberikan tip setidaknya 10% baik saat naik taxi maupun saat nongkrong di kafe.

Orang Indonesia termasuk orang yang memiliki tingkat keakraban yang tinggi meskipun dengan orang yang tidak dikenal. Namun, jangan pernah bertanya ke orang yang tidak kamu kenal saat berada di Inggris, meskipun hanya tegur sapa.

10. Waspada

From: Pixabay

Biasanya terlalu asik dengan suatu hal, bisa saja kurang waspada dalam meletakkan barang. Jika negara tersebut memiliki keamanan yang super bagus tentunya saat ada barang yang ketinggalan kamu bisa langsung melapor ke polisi atau petugas, pasti ketemu.

Namun, bagaimana saat kamu pergi ke negara yang tidak memiliki sistem keamanan yang bagus tentunya barang yang ketinggalan akan hilang begitu saja.

Selain di Indonesia, di luar negeri juga banyak copet. Lihat saja Nagita Slavina yang saat itu pergi ke negara Italia. Hampir saja cincin berliannya akan di ambil oleh pecopet yang seolah-olah menjadi badut. Jadi pastikan waspada dalam membawa barang ya saat liburan terutama liburan sendiri.

Nah, itu tadi tips solo traveller keliling dunia tanpa agen tour. Negara mana yang akan kamu kunjungi di tahun ini? Semoga tips ini membantu perjalananmu.