9 Tips Menikmati Kopi agar Terasa Lebih Nikmat dan Santai

Menikmati Kopi

Kopi. Masyarakat Indonesia pasti sudah akrab dengan kata kopi kan ya. Hampir semua kalangan sangat menyukai kopi, dari kalangan remaja, dewasa bahkan para orang tua sekalipun. Ngopi biasanya sering dilakukan bersama berbagai aktivitas santai. Saat nongkrong bersama sahabat, bersantai di rumah, teman ketika membaca buku, menonton acara hiburan, berkumpul bersama keluarga, bahkan saat bekerja sekalipun.

Ngopi memang sangat akrab dengan semua golongan masyarakat, baik dari golongan bawah sampai golongan para pejabat sekalipun. Selain rasanya yang nikmat ternyata kopi juga memiliki banyak manfaat positif bagi kesehatan, kecantikan, dan menyegarkan pikiran. Hal ini tentu semakin menambah nilai kecintaan masyarakat terhadap kopi.

Nah selain manfaat diatas, ada beberapa tips yang masih belum banyak orang mengetahui, yaitu tentang bagaimana cara menikmati kopi agar terasa lebih nikmat. Yuk intip tips-tipsnya berikut. Dijamin akan menambah pengetahuanmu tentang kopi pastinya. Check it out.

1. Gunakan Air Mendidih

Semua orang pecinta kopi pastinya tau kalau air yang digunakan untuk menyeduh kopi pastilah air mendidih bukan air setengah mendidih apalagi yang lebih parahnya air biasa. Jika ada orang yang menggunakan air biasa untuk menyeduhnya mungkin orang itu memiliki cara berbeda untuk menikmatinya yang terkesan agak aneh ya.

Mengapa begitu? Karena dimana-mana semua orang menyeduhnya menggunakan air mendidih alih-alih air biasa. Menyeduh kopi dengan air mendidih akan menumbuhkan aroma yang sedap dari kopi. Nah, jika kamu senang menggunakan air biasa, otomatis aroma kopinya akan berkurang, atau bahkan tidak terasa sama sekali.

2. Letakkan Kopi di Atas Gula Sebelum Seduh

Sebagian besar masyarakat Indonesia adalah penikmat kopi, tapi sebagian dari mereka menikmati kopi yang dicampur gula. Betul kan? Karena itu kopi selalu bersahabat baik dengan gula. Nah disini ada trik khusus menikmati kopi dan gula agar rasanya lebih nikmat yaitu Kopi di Atas Gula, sesuai judul paragraf ya.

Caranya: kebanyakan orang ketika menyeduh kopi akan meletakkan bubuk kopi terlebih dahulu lalu setelah itu baru gula. Cara ini kurang benar ya. Agar kopimu terasa lebih nikmat letakkan gula dulu baru setelah itu bubuk kopi, kemudian tuangkan air mendidih perlahan-lahan kedalam gelas dengan gerakan memutar. Setelah itu diamkan kurang lebih 1-2 menit, kemudian aduk hingga rata.

Pasti semuanya bertanya-tanya kan kenapa gula dulu baru setelah itu bubuk kopi. Hal itu dikarenakan ketika bubuk kopi berada di atas gula panas dari air yang mendidih sebagian besar akan meresap pada kopinya agar kopi lebih matang. Nah kalo tidak, hal inilah yang menyebabkan beberapa orang kembung setelah meminum kopi.

Baca Juga: Kedai Kopi, Salah Satu Investasi Bisnis yang Sangat Menjanjikan

3. Sesuaikan dengan Selera

Berkumpul bersama sahabat yang memiliki selera yang sama akan membuat suasana lebih ramai seperti halnya bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang kopi. Hal itu akan menambah suasana menjadi lebih hangat. Atau mungkin bisa merubah mood kamu menjadi lebih baik. Obrolan tentang kopi tak akan ada habisnya jika kita berkumpul dengan orang-orang penikmat kopi.

Perlu diketahui bahwa menyesuaikan selera kamu sangatlah penting, jangan malah ikut-ikutan dengan teman. Ketika teman kamu memesan kopi Toraja kamu juga ikut memesannya, padahal selara kamu adalah kopi Kintamani. Kopi Toraja memiliki rasa pahit tapi rasa pahit itu akan cepat hilangnya. Sedangkan Kintamani memiliki rasa yang lebih ringan dan lembut dan ada sedikit sentuhan buah-buahan.

Rasa kopi Kintamani menjadi seperti itu karena penanamannya melalui proses tumpang sari bersama tanaman buah-buahan. Nah intinya jika kamu memesan kopi Toraja sedangkan selera kamu adalah kopi Kintamani, kamu tidak akan menikmatinya karena kamu tidak terbiasa dengan rasa pahitnya. Jadi menyesuaikan selera saat kamu ngopi itu penting loh yaa.

4. Jangan Meminum Kopi Ketika Masih Panas

Kopi panas memang sangat nikmat, apalagi minumnya ketika cuaca sedang dingin. Sungguh nikmat yang sangat nyata. Tapi perlu diingat jangan meminum kopi yang terlalu panas karena bisa membuat lidah kamu terbakar, dan ketika ingin menikamati kopi lagi rasa nikmatnya tak akan sama dengan yang sebelumnya.

Jangan asal terobos aja ya biar selamat lidahnya dari panasnya kopi yang memikat. Pada umumnya, penikmat kopi akan meminum kopi pada kisaran suhu 80 derajat celsius. Kata mereka, kopi pada tingkat panas seperti itu adalah panas yang paling pas untuk menikmati rasa kopi tanpa kehilangan aroma.

5. Menghirup Aroma Kopi

Sebelum meminum kopi patikan terlebih dahulu kamu menghirupnya. Karena aroma dari kopi yang akan kamu minum dapat merilexkan pikiran kamu. Para pecinta kopi pasti melakukan ini sebelum meminum kopi, selain menenangkan, hal ini juga akan membuat kopi yang akan kamu minum beribu-ribu kali lebih nikmat dibandingkan ketika kamu langsung meminumnya. Boleh dibuktikan ya readers.

6. Gandengkan Teman Ideal untuk Ngopi

Nah, pecinta kopi pasti belum merasa lengkap ketika ngopi gak ada camilan. Iya kan? Karena kita orang Indonesia yang kebanyakan masakan beraroma rempah dan tanah, cemilan yang cocok untuk menikmat kopi adalah kudapan alami yang tumbuh di tanah seperti kacang-kacangan (kacang tanah), kayu manis, singkong, ubi, dan lain-lain. Atau mungkin ada cemilan andalan lain yang lebih kalian sukai para pecinta kopi? Boleh juga kamu sediakan.

7. Meminum Secara Perlahan

Sesuatu yang dilakukan terburu-buru akan berakhir dengan ketidakpuasan karena karya karya yang dihasilkan tidak sesuai. Begitu juga dengan minum kopi, satu cangkir kopi dihabiskan dalam satu kali tegukan tidak akan terasa nikmatnya. Kamu hanya akan merasakan bahwa yang kamu minum itu adalah kopi tapi aku akan kehilangan kenikmatan kopi tersebut.

Untuk itu, minumlah secara perlahan agar kamu bisa menikmati cita rasa kopi tersebut. Akan lebih baik jika kamu meminum kopi secara perlahan dengan cara menyeruput kopinya. Setiap kopi yang masuk kedalam mulut kamu akan memberikan kesegaran dan rasa nikmat tersendiri. Selain itu meminum kopi secara perlahan juga menghindari resiko tersedak.

8. Hindari Minum Kopi Sebelum Makan

Nah, untuk yang satu ini bukan lagi mengenai kenikmatan, namun lebih berkaitan dengan kesehatan. Akan tetapi ini tak kalah penting untuk kamu ketahui tentang cara menikmati kopi. Banyak dokter atau bahkan sebagian orang yang mengerti tentang kopi akan menganjurkan kamu untuk tidak meminum kopi sebelum makan.

Kopi memiliki kandungan kafein yang akan menimbulkan rasa mulas pada perut ketika kamu meminumnya dalam keadaan perut kosong. Terutama ketika pagi hari. Selain kecintaanmu pada kopi yang besar, kamu juga harus memiliki tingkat kecintaan yang lebih tinggi pada tubuhmu. Jangan karena kamu pecinta kopi, kamu rela mengorbankan tubuh berhargamu.

9. Minum dalam Kadar Kecil untuk Pemula

Bagi kamu pemula yang masih bingung bagaimana cara manikmati kopi, disarankan minum dalam dosis kecil terlebih dahulu. Karena kamu harus membiasakan dan menyesuaikan terlebih dahulu melalui kadar yang kecil.

Setelah terbiasa dengan kadar yang kecil kamu bisa menambahnya sedikit demi sedikit. Hal yang perlu diingat adalah jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi karena kopi mengandung kafein yang dapat membuat kamu Insomnia. Jadi harus ditakar ya gak boleh berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here