Waspada Musim Hujan, Inilah 5 Masalah Pada Musim Hujan

Waspada Musim Hujan
Waspada Musim Hujan
Iron Man
Iron Man
Print PDF

Pada saat musim hujan tiba, taksedikit banyak permasalahan yang akan menghampiri. Masalah ini umumnya berupakerusakan-kerusakan di rumah serta kesehatan tubuh yang menurun, Musim hujan diIndonesia mengalami curah yang tinggi, jadi kita harus mewaspadai masalah padamusim hujan dengan intensitas curah yang tinggi ini.

Sebenarnya terdapat beberapa cara yangdapat dilakukan untuk permasalahan yang timbul disaat musim hujan. Tanpabasa-basi lagi, yuk kita cari tau apa saja masalah pada musim hujan. Berikutbeberapa masalah pada saat musim hujan :

1. Kesehatan Tubuh

Menjagakesehatan tubuh itu sangat penting karena jika tubuh kita tidak beristirahat,maka organ-organ yang didalam tubuh kita akan terus bekerja. Musim hujanmenjadikan kekebalan tubuh menjadi menurun, Lebih lanjut simak penyakit apasaja yang sering dialami ketika musim hujan.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


  • Flu dan demam

Flu dan demammerupakan masalah kesehatan yang sangat umum dialami saat terjadi fluktuasisuhu ekstrem selama musim hujan. Karena, berbagai kuman serta virus akanmeningkat dalam keadaan tersebut.

  • Tifus

Tifus adalah masalah kesehatan yangdisebabkan oleh makanan dan air yang dikonsumsi, namun telah terkontaminasidengan infeksi bakteri Salmonella typhi. Akibatnya, seseorang pun menjadidemam, diare dan lemas.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


  • Kolera

Kolera adalah infeksi yang ditularkan melalui air dandisebabkan oleh bakteri yang disebut dengan vibrio cholera. Pada umumnya,seseorang yang mengalami infeksi ini akan mengalami permasalahan pada saluranpencernaan semacam kehilangan cairan tubuh parah serta diare. Untuk mencegah kolera, para ahli punmenyarankan agar selalu menggunakan air bersih saat beraktivitas. Misalnya,mengkonsumsi air minum yang matang dan mandi dengan air yang sudah dimurnikanalias tanpa kotoran.

  • Malaria dan demam berdarah

Musim hujanjuga identik dengan penyakit malaria dan demam berdarah. Sebab saat hujan,genangan air bisa membantu mempercepat proses perkembangbiakan nyamuk. Salahsatu cara untuk mencegah hal ini bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan areasekitar. Misalnya, menghindari genangan air dari bak mandi atau selokan didepan rumah.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


  • Hepatitis A

Hepatitis A merupakan infeksi yang dipengaruhi oleh makanan serta air yang terkontaminasi dan dapat mempengaruhi kesehatan hati Anda. Beberapa gejala umum dari hepatitis A yang terlihat adalah demam, muntah, dan ruam. Pencegahan bisa dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan dan sanitasi.

Baca Juga: 13 Cara Hidup Sehat yang Mudah untuk Kamu Lakukan

2. Kerusakan Rumah

Bukan hanya ketahanan badan yang harusmenyesuaikan dengan kondisi ini. Musim hujan memang mengakibatkan banyakpermasalahan. Rumah juga sama rentannya apabila tidak dipersiapkan. Inilah  permasalahan umum yang mengakibatkan andaharus siap menghadapi  musim hujan tiba.Waspada dan siap- siap bertindak apabila ini terjadi.

  • Atap rumah mengalami kebocoran

Intensitas hujan yang tinggi jugatentu makin besar saat musim hujan datang. Karena Itu, kebocoran pada atapadalah hal umum yang dialami rumah hunian di Indonesia. Saat langit cerah,lakukan inspeksi atap untuk melihat bagian mana yang mengalami kebocoran.Bahkan jika belum mengalaminya, Anda dapat jadikan kesempatan ini untukmendeteksi titik-titik yang berpotensi mengalami kebocoran dan mengambillangkah antisipasi sebelum kerusakan semakin parah

  • Dinding Berlumut

Dinding berlumut biasanya menjadimasalah yang disebabkan oleh atap bocor. Bukan cuma karena air bocor yangmengalir langsung ke dinding, udara lembap ketika musim hujan juga berisikomembuat jamur dan lumut muncul pada dinding. Sama seperti atap, untuk mencegahdinding berlumut, Anda bisa melapisi dinding rumah dengan cat pelapis antibocor.

Perhatikan juga area-area pada dindingyang sudah memiliki bekas-bekas jamur. Jika ada, cari tahu area bocor atautempat air merembes. Atasi penyebab bocor atau rembesan tersebut dan kikisterlebih dahulu area yang berjamur ini. Kemudian, lapisi dengan anti bocor lalucat ulang dinding tersebut.

  • Taman Becek

Area outdoor biasanya area yang palingrentan bermasalah ketika musim hujan tiba. Pastikan taman di rumah Andamemiliki sumur resapan untuk menampung debit hujan lebat. Apabila taman dibuatdi atas lantai semen atau beton, pastikan saluran air taman tidak mampat dan bebasdari endapan. Agar taman tidak terkesan becek, penuhi area taman dengan rumput.Bila ada area yang tidak terkena matahari dan tidak memungkinkan rumput untuktumbuh, Anda dapat menggunakan batu koral sebagai penutup tanah untukmenghindari becek.

  • Septitank

Pada bagian lingkungan di sekitarrumah, hendaknya juga dilakukan pembersihan pada parit dan saluran air darirumah secara rutin, dan pastikan tidak tersumbat akibat kotoran dan sampah danmenggenang. Saluran roil rumah yang menuju ke parit sebaiknya dibuat dengankemiripan cukup, untuk mencegah tergenangnya air. Pasanglah kawat kasa dimulutriol untuk mencegah masuknya tikus, sebab binatang ini juga bisamembuntukan selokan/got.

3. KendaraanMengalami gangguan

Di musim hujan ini, penting menjagakondisi kendaraan dari genangan air. Mobil yang mesinnya lebih kuat saja bisabermasalah jika terendam air hujan. Masalah yang paling utama pada kendaraanialah motor. Masalah motor pada saat musim hujan adalah busi basah. Cop ataukepala busi berfungsi sebagai penutup busi dan menghalangi dari debu, jugamenyalurkan listrik tegangan tinggi dari percikan api .

Jika busi basah akibat air hujan yangmasuk, motor bisa mati mendadak karena percikan api dari busi melemah. Caramemeriksa keadaan busi, buka dan lihat kepala busi apakah ada sisa oli yangmenempel atau tidak.

4. Aliran Listrik

Penyebab listrik mati pada saat musimhujan yang pertama adalah untuk mencegah kecelakaan yang terjadi akibatsengatan listrik. Kondisi gardu listrik yang kerap terendam air selama hujanturun membuat PLN perlu mematikan aliran listrik ketika musim hujan tiba. Jikaaliran listrik tidak dimatikan, maka berbagai hal buruk seperti kecelakaanakibat sengatan listrik bisa terjadi.

Apabila selama musim hujan yangberlangsung juga diiringi dengan banjir, aliran listrik yang tetap dihidupkanjuga dapat berdampak buruk bagi keselamatan. Aliran listrik yang tetap hidupsaat banjir akan sangat membahayakan nyawa manusia. Jadi, dalam rangka menjagadan memastikan keselamatan masyarakat, pemadaman listrik saat musim hujansangat penting untuk dilakukan.

5. Banjir

Persoalan banjir di musim hujan memangbukan hal yang baru kali ini terjadi. Persoalan yang sama kerap melandasejumlah daerah manakala musim hujan telah tiba. Namun kemudian yang menjadi persoalanadalah kita biasanya menganggap enteng dalam mencegah terjadinya banjir diwilayah kita, padahal tidak menutup kemungkinan anda akan terkena banjir kalausistem aliran dan resapan air di rumah Anda tidak baik.

Untuk itu, sediakanlah payung sebelumhujan. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan? Musim hujan saat ini sulituntuk ditebak, siang cerah sorenya hujan. Oleh karena itu, antisipasilahkemungkinan-kemungkinan terburuk saat musim hujan ya!.