12 Tips Berlibur ke Bali Supaya Perjalanan Kamu Lancar dan Mengasyikan

tips-berlibur-ke-bali

Pulau Dewata memang tidak pernah sepi akan pengunjung, baik turis asing maupun lokal tidak akan pernah dibuat bosan untuk berkunjung ke sini. Untuk Kamu yang saat ini baru pertama kali menginjakan kaki di Bali, Kamu tidak perlu khawatir jika akan kehilangan arah atau mungkin tidak mengetahui sama sekali tips berlibur ke Bali yang dapat membantu Kamu selama diperjalanan.

Mengetahui tips berlibur di Bali ini cukup penting, terutama untuk Kamu yang masih baru pertama kali memiliki rencana untuk berlibur ke Bali. Tentunya Bali memiliki karakteristik tersendiri dibandingkan daerah lain, sehingga Kamu akan diperlukan untuk mengenal lebih jauh lagi tentang ciri khas dari daerah ini sehingga Kamu tidak melakukan kesalahan apapun ketika sedang berlibur di Bali.

1. Tentukan Waktu untuk Berlibur

Biasanya untuk memilih waktu berlibur beberapa orang akan memanfaatkan tanggal, dimana hari-hari tersebut merupakan hari untuk berlibur panjang. Padahal sebenarnya tanggal ini lah yang menjadi hari dimana harga untuk berlibur menjadi lebih mahal, sehingga Kamu harus mempersiapkan budget tambahan yang lebih besar, karena momen ini akan digunakan sebagai kesempatan bagi beberapa orang.

Bahkan untuk pilihan hari libur panjang ini, Kamu diharuskan untuk menghadapi kemacetan parah dimana semua orang akan datang ke lokasi yang sama. Tentunya hal ini tidak akan membuat Kamu nyaman ketika sedang berlibur, maka cobalah untuk memilih tanggal low season dimana Kamu dapat berlibur dengan tenang dan santai tanpa adanya banyak cobaan seperti kemacetan atau lokasi yang padat.

Untuk memilih waktu liburan yang tepat seperti low season ini, Kamu bisa melakukan beberapa cara jitu seperti halnya dalam pemilihan tanggal. Biasanya beberapa orang akan memilih waktu berlibur di tengah-tengah tanggal merah, mungkin saat ini Kamu bisa mengakalinya dengan berlibur di akhir tanggal merah atau mepet ke hari masuk kerja, bahkan beberapa orang ada yang rela untuk mengambil cuti.

2. Pastikan Orang yang Akan Kamu Ajak

Ketika Kamu berlibur Kamu mungkin lebih memilih untuk mengajak orang terdekat, baik itu keluarga ataupun teman. Semuanya bergantung pada kenyamanan Kamu untuk mengajak beberapa orang tersebut, bagi sebagian orang berlibur bersama keluarga dapat memberikan suasana kehangatan, serta dapat menciptakan suatu kedekatan yang lebih intim lagi untuk sebuah keluarga.

Akan tetapi hal ini berbeda dengan beberapa orang, yang mungkin saat ini berpikir bahwa untuk pergi berlibur alangkah baiknya jika mengajak teman dibandingkan keluarga. Mungkin, ketika mengajak teman rasa atau kenyamanan saat berlibur menjadi lebih berbeda, dimana Kamu dapat dengan bebas mengekspresikan diri Kamu bersama orang terdekat yang biasanya menghabiskan waktu bersama.

3. Membuat List Beberapa Tempat di Bali

Ketika Kamu sedang memutuskan untuk berlibur ke Bali, tentunya hal yang ada di pikiran Kamu adalah memikirkan keindahan yang akan disuguhkan oleh pulau dewata ini. Tentunya tidak semua tempat bisa Kamu kunjungi ketika berada di Bali, karena memang Kamu hanya memiliki batas waktu tertentu untuk berada di pulau ini, dimana Kamu harus memanfaatkan waktu tersebut dengan baik.

Dengan batas waktu tersebut, tentunya Kamu harus menyesuaikan kembali jarak antara lokasi yang satu dengan yang lainnya. Sehingga Kamu bisa memilih beberapa lokasi wisata yang berdekatan, dengan demikian Kamu bisa mengatur waktu dengan lebih baik lagi, terutama dalam mengatur waktu untuk beristirahat selama diperjalanan agar kondisi fisik selalu terjaga ketika sedang berlibur.

Bagi beberapa orang mungkin memilih atau merencanakan lokasi wisata yang akan dikunjungi, merupakan suatu hal yang dianggap biasa saja. Bahkan banyak dari beberapa orang tersebut menganggapnya sepele, sehingga akhirnya rencana dari kunjungan ke beberapa lokasi wisata tersebut dibatalkan, tentunya hal ini hanya akan membuat Kamu menjadi tidak nyaman ketika berlibur di Pulau Dewata ini.

4. Temukan Penginapan yang Aman dan Nyaman

Bali memang merupakan surga bagi beberapa orang yang menyukai pemandangan, atau sensasi berlibur dengan tema alam. Tentunya dengan sedikit sentuhan modern pada beberapa lokasi yang masih kental akan nilai tradisionalnya, membuat Bali mampu untuk memberikan tempat beristirahat yang cocok dan nyaman bagi para pengunjungnya, yang benar-benar ingin menikmati keindahan pulau ini.

Saat ini ada banyak bahkan ribuan penginapan di Bali, yang siap untuk menampung Kamu yang saat ini ingin atau merencanakan liburan ke Pulau Dewata ini. Tentunya ada beberapa tips yang bisa Kamu pilih ketika memutuskan untuk memilih penginapan di Bali, cobalah untuk mencari lokasi yang dekat dengan tempat wisata tetapi tidak terlalu ramai lingkungannya, sehingga nyaman untuk ditempati.

5. Pilihlah Pakaian yang Cocok

Sebagian orang mungkin menganggap jika beberapa pakaian yang digunakan ketika berlibur merupakan sebuah hal yang sepele. Bahkan mungkin Kamu akan memilih pakaian dengan bebas tanpa memikirkan kondisi di lokasi, untuk Kamu yang saat ini memutuskan untuk berlibur ke Bali tentunya ada beberapa tips, khususnya dalam memilih jenis pakaian yang cocok untuk Kamu gunakan ketika di lokasi.

Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki cuaca yang cukup panas, hal ini memang dipengaruhi oleh banyak hal. Salah satu faktor utama mengapa Bali menjadi lokasi yang panas adalah jaraknya yang dekat dengan pantai, sehingga baju yang tipis atau celana yang nyaman untuk digunakan serta mudah menyerap keringat merupakan pakaian yang cocok untuk digunakan.

6. Tentukan Kuliner Bali

Ketika Kamu berada di Bali, tentunya hal pertama yang membuat Kamu penasaran selain daripada pemandangannya adalah wisata kulinernya. Memang menikmati wisata kuliner merupakan salah satu tips berlibur ke Bali yang penting untuk Kamu coba, dengan menikmati cita rasa masakan lokal demi mengenal lebih dalam budaya dari masyarakatnya melalui sebuah olahan makanan yang dibuat.

Memutuskan beberapa lokasi kuliner yang dapat dijadikan sebagai pilihan merupakan hal utama yang wajib Kamu lakukan. Memang akan ada banyak sekali restoran atau warung makan yang menyediakan masakan tradisional ini, akan tetapi rasa yang pas belum tentu bisa Kamu dapatkan ketika menyantapnya, ada baiknya jika Kamu melakukan review terlebih dahulu sebelum memutuskannya.

7. Kenali Adat Bali

Untuk menikmati wisata di Bali, tentunya Kamu harus mengenal terlebih dahulu bagaimana budaya masyarakatnya. Sehingga ketika Kamu berlibur Kamu tidak akan asing dengan beragam kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Bali, terutama ketika Kamu sedang berwisata tanpa menggunakan tour guide yang mungkin akan membuat Kamu bingung ketika sedang berada dalam keramaian tertentu.

Mengenali adat juga penting untuk Kamu dalam menjalin interaksi secara langsung dengan beberapa masyarakat setempat. Hal ini dapat membantu Kamu untuk menjadi salah satu turis yang ramah, bahkan menghargai beberapa budaya lokal yang nantinya mungkin saja Kamu temui ketika sedang menikmati perjalanan liburan di pulau dengan budayanya yang kental ini.

8. Penting Membawa Tkamu Pengenal

Memutuskan untuk berwisata baik dengan teman, keluarga, atau solo traveler memang merupakan pilihan yang tepat untuk semua orang. Akan tetapi Kamu juga harus memperhatikan beberapa hal utama yang mungkin saja berguna untuk Kamu selama diperjalanan atau ketika sedang menikmati liburan, sehingga Kamu dapat meminimalisir beberapa hal buruk yang mungkin saja terjadi selama diperjalanan.

Kartu tanda pengenal merupakan salah satu hal yang penting untuk Kamu bawa, meskipun memang Bali masih merupakan bagian dari Indonesia. Namun, tanda pengenal ini sangatlah penting terutama untuk menjaga keamanan Kamu selama di Bali, bahkan kartu pengenal ini akan sangat berguna demi menunjang segala bentuk kebutuhan Kamu selama berada dan berlibur di pulau Bali ini.

9. Perkiraan Cuaca

Tentunya ketika memilih berlibur, Kamu akan menentukan beberapa hari yang pas untuk memilih tanggal berlibur yang tepat. Ternyata selain dari tanggal, pemilihan perkiraan cuaca juga merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk Kamu pikirkan, terutama hal ini akan berpengaruh terhadap keselamatan Kamu ketika dalam perjalanan, misalkan ketika Kamu sedang berada dalam perjalanan pesawat.

Selain untuk menunjang keselamatan, ternyata perkiraan cuaca juga bagus untuk mempertimbangkan kenyamanan ketika sedang berlibur. Kondisi yang terlalu panas tentunya tidak akan baik untuk dipilih, begitupun ketika kondisi sedang dalam hujan lebat pastinya hal ini tidak akan bagus untuk dijadikan pilihan, Kamu bisa memilih beberapa waktu dan kondisi tertentu yang memang cocok untuk dipilih.

10. Perkiraan Budget Selama di Bali

Keuangan merupakan salah satu faktor utama dari beberapa hal diatas yang penting untuk Kamu perhatikan. Tentunya tanpa uang Kamu bukanlah seorang traveler yang akan terjamin keamanannya, bayangkan saja bahwa Kamu memang sedang berlibur di daerah orang, dimana Kamu akan membutuhkan dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Kamu selama jauh dari tempat tinggal.

Untuk meminimalisir hal buruk agar tidak terjadi, ada baiknya Kamu merincikan keuangan sebelum memutuskan untuk berlibur ke Bali. Tentukan budget yang sekiranya dibutuhkan, baik untuk kebutuhan pokok seperti makanan dan tempat tinggal, ataupun untuk kebutuhan lainnya seperti dalam menentukan pembelian oleh-oleh atau souvenir yang disediakan di beberapa lokasi wisata di Bali nantinya.

Baca Juga: 13 Tips Berlibur Hemat yang Menyenangkan dengan Uang Pas-Pasan

11. Tentukan Tempat Oleh-oleh

Datang ke Bali tentunya belum lengkap jika tidak membeli sebuah oleh-oleh yang menjadi bukti atau ciri khas dari kerajinan tangan warganya. Tentunya sebagai salah satu traveler yang memang pintar untuk memilih oleh-oleh, mungkin Kamu bisa membuat sebuah rincian beberapa barang yang akan Kamu beli, sehingga Kamu tidak perlu kewalahan dalam mengatur kembali pengeluaran.

Jangan sampai Kamu kalap untuk membeli beberapa barang, yang memang tidak wajib untuk Kamu beli atau membeli barang secara berlebihan. Kamu harus mengingat bahwa Kamu berada dilokasi tersebut dengan keadaan jauh dari kampung halaman, sehingga Kamu harus memikirkan dana talang yang bisa menjamin Kamu aman hingga kembali lagi ke tempat tinggal.

12. Beli Peta Daerah Bali

Melihat peta merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan, meskipun memang saat ini teknologi navigasi seperti GPS sering digunakan, bukan berarti bahwa itu semua menjadi jaminan, mungkin Kamu bisa mengantisipasi ketika baterai handphone Kamu sedang habis, maka Kamu akan diharuskan untuk membuka peta manual.

Dengan memperhatikan tips berlibur ke Bali dengan baik dan benar, maka nantinya suasana berlibur Kamu dapat lebih terasa nyaman. Terutama untuk menjamin keselamatan Kamu ketika sedang berada di Pulau Dewata, dengan mengetahui terlebih dahulu beberapa hal mengenai Bali sebelum Kamu memutuskan untuk mengunjunginya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here