7 Negara yang Memiliki Pantai Paling Eksotis di Asia Tenggara

Deretan beberapa negara yang memiliki pantai paling eksotis di Asia Tenggara jelas pantas menjadi pertimbangan untuk destinasi wisata setelah pandemi. Karena pesona alam di negara-negara Asia Tenggara memang sangat memukau.

Negara-negara di Asia Tenggara kaya akan destinasi pantainya yang tersaji dalam keindahan yang menawan. Tak hanya indah di permukaan, namun juga memiliki pesona bawah laut yang tak terbandingi.

Itu sebabnya, negara-negara di Asia Tenggara ini menjadi destinasi favorit bagi para pelancong, baik domestik hingga mancanegara. Sebagian besar pelancong ini mengincar spot pantainya yang memukau.

Read More : The Best Scholarships for Economics Programs in Texas


Jadi negara-negara mana saja sih yang memiliki pantai paling eksotis di Asia Tenggara ini? Apakah negara kita termasuk? Nah, agar tidak penasaran, simak deretan negara di bawah ini:

1. Indonesia

Foto: instagram/panoramaindonesia.co

Sebelum ini sudah dipertanyakan apakah negara kita termasuk ke dalam negara yang memiliki pantai paling eksotis di Asia Tenggara? Jawabannya, ‘ya tentu’. Negara kita jelas termasuk salah satunya.

Read More : Computer Science College in Texas: Nurturing Tech Innovators


Sebagai negara kepulauan, Indonesia sangat kaya akan jajaran destinasi pantai yang rata-rata menyajikan pesona menakjubkan. Selain budayanya yang menarik, wisata pantai menjadi hal yang paling diincar wisatawan.

Banyak turis lokal dan mancanegara yang jatuh cinta dengan pantai-pantai yang ada di Indonesia. Salah satu pantai yang pantas dijajarkan dengan deretan pantai terindah di Asia Tenggara yaitu Raja Ampat dan Labuan Bajo.

Read More : Exploring the Best Psychology Colleges in Texas


Raja Ampat merajai keindahan pantai-pantai yang ada di Indonesia. Destinasi yang ada di Papua Barat ini memiliki jajaran pulau-pulau beserta keindahan pantai dan ekosistem bawah laut yang tak tertandingi.

Labuan Bajo juga turut menyumbang keindahan pantai-pantai yang menarik banyak para pelancong. Semua spot pantai di Labuan Bajo layak dimasukkan ke dalam list pantai favorit di Asia Tenggara.

2. Filipina

Foto: instagram/rizasalahudin

Selain Indonesia, Filipina juga merupakan negara kepulauan yang ada di Asia Tenggara. Hal tersebut tentu memiliki nilai plus bagi negara tersebut, baik dari segi kekayaan maritim maupun pesona pantainya.

Sama halnya di Indonesia, Filipina juga memiliki banyak pilihan mengenai destinasi pantainya. Salah satu pantai yang masuk ke dalam daftar pantai paling indah di Asia Tenggara ialah Pantai El Nido dan White Beach.

Pantai El Nido memiliki pesona keindahan yang menakjubkan. Keindahannya diwujudkan dengan pantai berpasir halus, dipadukan dengan birunya laut serta dikelilingi tebing kapur yang menjulang.

Selai itu, White Beach juga sama-sama menyajikan pesona yang tak kalah menakjubkan. Pantai yang berada di Pulau Boracay ini menebar pesona dengan warna pasirnya yang putih, nampak cantik bersanding dengan air laut yang jernih.

3. Thailand

Foto: instagram/contentnakbot

Thailand juga merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Selain terkenal dengan destinasi wisata berupa kuil-kuil estetik, Thailand juga menyimpan segudang destinasi alam yang mempesona.

Di Thailand ada banyak wisata pantai yang perlu dikunjungi untuk liburan musim panasmu. Salah satu pantai yang yang masuk ke dalam deretan pantai paling eksotis di Asia Tenggara ialah jajaran pantai di Kepulauan Phi Phi dan Similan Island.

Baca Juga: Hindari 8 Hal yang Dilarang Saat Liburan di Thailand

Pulau Phi Phi memiliki hamparan pasir putih berpadu dengan jernihnya air laut beserta megahnya tebing-tebing memagari. Bahkan tempat ini sering dijadikan lokasi shooting film-film Hollywood.

Similan Island juga turut menyumbang keindahan sebagai salah satu pantai terindah dan tereksotis yang ada di Asia tenggara. Pasir putih dan jernihnya air laut dipagari dengan hutan yang rindang menyajikan visual yang memukau.

4. Malaysia

Foto: instagram/omallaviimeinkin

Ketika menyinggung pembahasan tentang wisata Malaysia, tentu pikiran akan mengarah kepada pemandangan Kuala Lumpur dan geroge Town. Hm, padahal Malaysia juga mempunyai wisata alam yang memukau loh.

Malaysia juga merupakan salah satu negara Asia Tenggara yang memiliki wisata pantai sangat menawan. Pantai Cenang dan Mira Beach merupakan pantai yang masuk ke dalam pantai tereksotis di Asia Tenggara.

Bagaimana tidak, Pantai Cenang nampak sangat anggun dengan penampilan pasirnya yang putih dan lembut berpadu dengan hamparan air laut yang tenang dan bersih. Spot sunset menjadi panorama favorit di pantai yang ada di Langkawi ini.

Mira Beach merupakan pantai favorit bagi para pecinta snorkeling dan diving. Pasalnya, panorama bawah laut di pantai ini sangat mempesona dan nampak indah dikelilingi karang-karang besar.

5. Myanmar

Foto: instagram/worlds_beaches_Ngapali Beach

Sudah pernah pernah liburan di Myanmar? Atau adakah rencana liburan ke sana? Kalau ingin liburan kesana, sepertinya kamu harus memasukkan salah satu wisata pantai yang ada di Myanmar ke dalam list travelingmu.

Sama seperti negara-negara lainnya, Myanmar juga memiliki wisata pantai yang masuk ke dalam deretan pantai terbaik di Asia Tenggara. Bahkan pantai tersebut menjadi destinasi favorit wisatawan mancanegara.

Pantai Ngapali, pantai eksotis yang terletak di Thandwe ini merupakan destinasi favorit di Myanmar. Tentu pantai ini menyajikan view yang indah dengan pasir putihnya dan air laut yang jernih nampak hijau kebiru-biruan.

Pantai Ngapali termasuk ke dalam tipe pantai yang tak berombak dan relatif tenang, memiliki spot yang apik untuk menikmati sunset. Nah, pantai ini cocok untuk kamu yang butuh ketenangan untuk melepaskan kepenatan.

Baca Juga: 10 Kegiatan untuk Menikmati Liburan di Pantai Saat Malam Hari

6. Vietnam

Foto: instagram/somewhereseeker

Jika di beberapa negara yang telah dibahas memiliki pesona pantai yang cukup tenang, berbeda dengan Vietnam. Negara yang satu ini memiliki pantai dengan ombak yang cukup tinggi.

Namun meskipun begitu, bukan berarti panorama pantai di Vietnam tidak indah. Panorama pantai di negara tersebut juga memukau, apalagi di Pantai Mui Ne dan City Beach yang termasuk pantai terindah di Asia Tenggara.

Pantai Mui Ne nampak indah dengan hamparan pasir yang putih. Pantai ini juga memiliki ombak yang cukup tinggi dan angin yang cukup kencang, sehingga sangat cocok untuk aktifitas surfing.

Selain Pantai Mui Ne, City Beach juga merupakan destinasi yang tepat untuk menikmati wisata alam di Vietnam. Pantai ini juga tak kalah indah dengan pantai-pantai di negara tetangganya.

7. Kamboja

Foto: instagram/wolf_travelpics

Negara terakhir yang memiliki kawasan pantai eksotis di Asia Tenggara ialah Kamboja. Sama halnya dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya, Kamboja juga mempunyai cukup banyak wisata pantai.

Salah satu pantai yang eksotis dan memiliki banyak penggemar ialah Pantai Sihaboukville dan Kepulauan Koh Rong. Walaupun begitu, masing-masing kedua pantai ini memiliki ciri khas yang berbeda.

Jika di Indonesia gugusan pulau kecil disebut dengan gili, maka Kamboja memiliki kawasan Kepulauan Koh Rong. Koh Rong memiliki jajaran pantai yang menawan dengan nuansa hutan namun banyak resort mewah di sana.

Berbeda dengan dengan Koh Rong, Pantai Sihaboukville menyajikan nuansa yang berbeda. Pantai ini dihiasi dengan bangunan hotel, penginapan, bar, serta banyak jajanan kuliner yang harus kamu coba.

Itulah ketujuh negara yang memiliki pantai paling eksotis di Asia Tenggara. Tak perlu jauh-jauh ke luar benua, negara tetangga masih banyak menyimpan destinasi alam yang tak kalah menakjubkan.

Leave a Comment