in

Siapkan Diri! Inilah 10 Cara Mengungkapkan Perasaan pada Cewek Incaran Secara Elegan

Siapkan Diri! Inilah 10 Cara Mengungkapkan Perasaan pada Cewek Incaran Secara Elegan
Photo by Freepik

Suka dengan seseorang tapi tidak tahu bagaimana cara mengungkapkan perasaan? Mengungkapkan perasaan memang bukan perkara mudah, dimana kamu membutuhkan keberanian dan kesiapan yang cukup.

Hal ini sering kali dialami oleh cowok yang menyukai cewek dan ingin mengungkapkannya. Kalau memang sudah cinta, mau tidak mau kamu harus mengungkapkan perasaanmu padanya.

Tinggal caranya saja yang harus kamu persiapkan, biar tidak terlihat norak dan tetap elegan. Jangan sampai kamu mengungkapkan dengan cara salah dan terkesan dibuat-buat.

Ketahuilah bahwa ada orang yang bisa dengan mudah mengungkapkan perasaan, begitu pula sebaliknya. Bahkan tak jarang, sebagian cowok merasa sulit sekali mengungkapkan perasaan, takut membuat dia tersinggung, serta merasa begitu grogi.

Atau bisa jadi, kamu takut mengungkapkannya karena belum siap dengan penolakan? Sehingga yang terjadi, kamu malah menyimpan dan memendam perasaan dalam hati.

Padahal ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengungkapkan perasaan pada cewek incaranmu. Kamu harus menyiapkan mental yang kuat, lalu lakukan cara-cara ini.

1. Ketahui alasan mengapa kamu takut untuk mengungkapkannya

Ketahui alasan mengapa kamu takut untuk mengungkapkannya
Photo by katemangostar / Freepik

Merasa takut mengungkapkan perasaan di depan cewek yang kamu sukai? Cobalah menanyakan alasannya pada dirimu sendiri. Apakah kamu takut dia tersinggung dan berpikiran negatif terhadapmu?

Apakah kamu mengalami phobia sosial? Apakah kamu takut mengalami penolakan? Pertimbangkan matang-matang alasanmu, hingga menemukan penyebab yang jelas. Renungkan dan sadarilah bahwa ketakutanmu itu tidak sepenuhnya benar.

2. Pikirkan dahulu apa yang akan kamu katakan

Pikirkan dahulu apa yang akan kamu katakan
Photo by cookie_studio / Freepik

Sebelum mengutarakan perasaan, sebaiknya pikirkan dulu apa yang nanti ingin kamu ucapkan di hadapannya. Buat poin-poin topik yang hendak kamu bicarakan, serta jangan terlalu berbasa-basi.

Pikirkan dengan jelas sampai kamu mantap untuk mengutarakannya kepada cewek yang disukai. Pikirkan juga apakah kata-katamu sudah tepat dan bisa meluluhkan hatinya.

3. Tidak mengungkapkannya lewat chat agar meyakinkan bila kamu benar-benar serius

Tidak mengungkapkannya lewat chat agar meyakinkan bila kamu benar-benar serius
Photo by Freepik

Mengungkapan perasaan lewat chat memang cukup umum dilakukan di jaman sekarang. Namun kata-kata sebagus dan seromantis macam apapun pasti akan sia-sia. Penyampaianmu malah akan terasa norak kalau kamu mengungkapkannya lewat chat.

Percayalah! Jangan pernah melakukan ini saat ingin serius nembak cewek yang kamu sukai. Cara ini hanya dilakukan oleh mereka yang tidak dewasa dan hanya ingin hubungan untuk bersenang-senang. Yakinkan dengan mengungkapkan secara langsung, dia akan tahu jika kamu bersungguh-sungguh.

4. Pilihlah tempat dan waktu yang tepat agar lebih nyaman

Pilihlah tempat dan waktu yang tepat agar lebih nyaman
Photo haritanita / Freepik

Cara mengungkapkan perasaan selanjutnya adalah dengan memilih tempat dan waktu yang tepat. Kalau bisa, carilah tempat yang membuatmu nyaman dan juga dia sukai.

Jangan terlalu fokus pada tempat yang dia sukai, namun justru membuatmu tidak merasa nyaman. Waktu yang tepat juga penting untuk kamu pertimbangkan.

Jangan sampai mengungkapkan perasaan di saat dia sedang merasa sedih atau kacau, serta mengalami banyak masalah. Dalam kondisi seperti ini, lebih baik kamu jadi pendengar yang baik dan selalu ada untuknya.

Buatlah dia nyaman bersamamu, sehingga nantinya kamu akan lebih mudah untuk mengungkapkan perasaan.

5. Tidak gugup apalagi gagap dalam berbicara di hadapannya

Tidak-gugup-apalagi-gagap-dalam-berbicara-di-hadapannya
Photo by mego-studio / Freepik

Jangan gugup dan terlihat begitu grogi saat mengungkapkan perasaan. Pernyataan cintamu akan langsung dinilai norak dan bisa-bisa membuatnya ilfil. Bahkan bukan tidak mungkin, dia akan langsung memotong pembicaraan sebelum kamu selesai mengatakan perasaanmu.

Pasti akan terasa sakit kalo ditolak sebelum berhasil menyatakan perasaan? Berbicara dengan gugup bahkan gagap, juga bisa membuat gebetanmu tidak bisa memahami maksudmu yang sebenarnya.

Jadi, lebih baik fokuslah pada kesiapan dirimu sebelum menyatakannya. Buatlah dirimu terlihat yakin dengan cara bicara yang tepat.

6. Jangan beramai-ramai atau mengajak orang lain saat tidak yakin dengan jawaban yang akan diberikannya

Jangan beramai-ramai atau mengajak orang lain saat tidak yakin dengan jawaban yang akan diberikannya
Photo by pressfoto / Freepik

Malu jika perasaanmu ditolak di depan umum? Sebaiknya, ungkapkan perasaanmu saat sedang berdua dengannya. Terlebih jika kamu tidak begitu yakin dengan jawaban yang akan diterima.

Jangan mengajak siapa pun, termasuk temanmu atau teman gebetan. Cobalah berdua saja dengannya, sehingga kamu pun bisa membuatnya merasa lebih nyaman bersamamu. Buat dia tahu bahwa kamu serius menginginkannya jadi pacarmu dan tidak hanya main-main.

7. Pilih cara yang sesuai dengan kepribadian atau tipe cewek yang kamu sukai

Pilih cara yang sesuai dengan kepribadian atau tipe cewek yang kamu sukai
Photo by tirachardz / Freepik

Hal ini juga penting buat kamu perhatikan, supaya dia lebih bersimpati dan tidak membuatnya ilfil. Misalnya saja jika gebetanmu adalah tipe cewek yang cuek, hindari menggunakan cara yang berbau romantis. Jika dia memiliki karakter lembut, berarti dia suka diperlakukan romantis oleh orang yang disukainya.

Contohnya saja dengan memberikan bunga, coklat, makan malam romantis, dan sebagainya. Kamu tinggal menilai gebetanmu ini seperti apa kepribadiannya atau hal yang disukainya.

Jangan sampai kamu salah memperlakukan dan justru dianggap mengganggu atau membuang-buang waktunya.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Cewek Penasaran dengan Kita Meski Baru Kenal

8. Tidak menuntut ataupun memaksa sesuai apa yang kamu inginkan

Tidak menuntut ataupun memaksa sesuai apa yang kamu inginkan
Photo by master1305 / Freepik

Menjalin hubungan dengan pasangan yang sama-sama saling mencintai, tentu terasa menyenangkan dan akan membuat bahagia. Oleh karenanya, jangan sampai kamu memaksanya untuk menerima perasaanmu.

Jangan membuat orang yang kamu sukai merasa terjebak dan mau tidak mau harus menerima cintamu, misalnya saja menggunakan ancaman, atau kamu langsung terpuruk yang membuatnya jadi khawatir.

Buatlah segalanya lebih santai dan tulus tanpa ada pemaksaan. Buatlah dia nyaman dan mau menerimamu apa adanya tanpa alasan yang membebani.

9. Mengungkapkan dengan santai dan buatlah pertemuan seperti biasanya

Mengungkapkan dengan santai dan buatlah pertemuan seperti biasanya
Photo by tirachardz / Freepik

Jika kamu bingung memilih cara dan waktu yang tepat, tidak ada salahnya kamu berbicara seperti biasa saat sedang jalan dengannya.

Cara ini bisa mengurangi sedikit rasa gugupmu dan dia pun tidak akan merasa terbebani harus menjawabnya seperti apa.

Justru, dia akan merasa kalau kamu memang sungguh-sungguh dan ingin hubunganmu berjalan apa adanya.

10. Siapkan diri dengan segala kemungkinan jawaban yang akan dia berikan

Siapkan diri dengan segala kemungkinan jawaban yang akan dia berikan
Photo by tirachardz / Freepik

Saat sudah siap menyatakan perasaan, sebaiknya persiapkan diri dan mentalmu terlebih dulu. Siapkan dirimu untuk menerima segala kemungkinan yang akan terjadi dan respon yang diberikannya.

Misalnya saja ketika dia meminta waktu untuk menjawab, meminta penjelasan atas perasaanmu, hingga jawaban diterima ataupun ditolak.

Kamu bisa menerapkan cara mengungkapkan perasaan pada cewek melalui persiapan di atas. Sangat penting mempersiapkan diri agar tetap elegan dan tidak terkesan norak di depan cewek yang disukai. Nah, semoga berhasil!

What do you think?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *